Rabu, 02 Maret 2011

Lp Yam






Ajahn Yaem, lahir pada 5 januari 1915, “Yaem Dejmak” diberi nama tersebut, bapaknya adalah Yhaem dan ibunya wongse dejmak. Dilahirkan di Dontoon subdistrik, Banglen distrik, nakhorn pathom.
Beliau masuk dan ditabsihkan sebagai bhante pada 2 may 1938 di Wat Sam Ngam, di tabishkan oleh LP Utarakarnbodhi (Sook Pathumwasono) dair wat Huay Jorakhe, LP Tae Kongthong, kepala dari Wat Sam Ngan dan LP Petch.
Setelah melewati ujian Buddhist, dia melanjutkan belajar meditasi, magic Buddhist dari LP Tae Kongthong yg merupakan gurunya. Beliau mendapatkan banyak pengetahuan dari LP Tae.
LP Yaem sekarang telah berusia 96 thn dan 69 thn di mengabdi sebagai bhante Buddhist. Dia di tunjuk sebagai kepala dari wat sam ngan yg merupakan temple kelas satu. Posisi dia sebagai assisten dari wat kerajaan kelas satu dan tanggung jawabnya berhubungan dengan agama Buddhist.
LP Yaem sangat di hormati atas kemampuan beliau untuk meditasi dan mantra, astrology, magic dan amulet nya. Kemampuan / kekuatan beliau diketahui oleh penduduk local dan international. Karena itu, beliau sering di undang ke wat2 yg ada di nakhon pathom untuk berpatisipasi dalam acara keagamaan. Beliau merupakan murid dari LP Tae Kongthong, guru master yg sangat terkenal.
LP Tae sudah tentu merupakan guru yg sangat terkenal, terutama untuk Guman Thong. LP Tae Kongthong merupakan murid dari LP TA (paniengtaek), LP Chaem dari Wat Takong dan LP Wongse dari Wat Tungpakgood.
LP2 tersebut sangat di hormati oleh LP Tae Kongthong dan Lp Yaem. Lp juga sering bertemu dgn LP Chaem dari wat Takong selama kunjungannnya ke Wat Sam Ngan dan menambah pengetahuan beliau secara significant. Lp yaem juga belajar dari lp, ajarn lain, seperti LP Luea dari Wat Saow cha ngoak, chachoengsao provisi.
Lp Yaem Thanayooto di tunjuk sebagai kepala dari Wat Sam Ngan pada thn 1957. Beliau mengikuti jejak LP Tae tanpa mengabaikan tanggung jawab keagamaan dan meditasi. Beliau mempunyai memory yg sangat bagus dan selalu berbagi pengetahuannya kepada yg lain. Kami sangat beruntung bisa menghabiskan waktu bersama LP Yaem, membahas hidup dan belajar lebih banyak tentang amulet Gmt. Satu hal yg benar2 menakjubkan adalah ketika beliau mengatakan bahwa sudah tidak mandi 41 thn sebagaimana di perintahkan oleh LP Tae.
Semua orang yg ingin mendapatkan pengetahuan, bisa bertanya kepada beliau dan beliau akan selalu menerangkan hal yg di tanyakan, walaupun karena usia tua, pendengarannnya sudah kurang bagus dan kesabaran untuk itu diperlukan.
Beliau mempunyai banyak tugas keagamaan, sebagai contoh, sebagai principal di Wat dontoon di provinsi nathon pathom, principal di wat srasampaothong, kanchanaburi dan wat tungkathin di rathaburi, tungjedhab di pichit, dimana ketiga yg terakhir beliau yg mendirikan.
LP Yaem juga melakukan perayaan untuk LP Tae pada 24 january setiap tahun dimana perayaan tersebut untuk menghormati LP Tae, dan perayaan pada setiap hari kamis pertama dan ke lima berdasarkan kalender bulan setiap tahunnya. Kami mempunyai di website kami phra kring yg sangat besar yg dibuat secara terbatas. Phra kring statue tersebut dibuat untuk acara special untuk perayaan dirinya.
Setelah meninggalnya LP Tae, LP yaem thanayooto di tunjunk sebagai kepala dari wat samngan pada 1 dec 1982. dia menggunakan semua pengetahuan dan pengalamannya untuk mengembangkan Wat.
Amulet dari LP yam sekarang sangat terkenal karena banyaknya miracle dan pengalaman dari orang2 yg mempunyainnya. Amulet pertama beliau di buat pd thn 1963, and sekarang sangat susah didapatkan. Salah satu yg menghebohkan dan membikin terkenal tentang medali beliau, maling menembak polisi tetapi hidupnya terselamatkan karena memakai amulet yg diblessing oleh LP Yam. Setelah kejadian tersebut, tentunya amulet beliau menjadi semakin banyak di inginkan .
LP Yam membuat banyak amulet, termasuk phra kring barami 80, amulet, medal, amulet khun paen, Nang Phaya, Pitha, yant, dll.

Tetapi dari semua amuletnya, yg paling terkenal adalah amulet gmt, yg dibuat dari tanah liat dan metal. Setiap model yg dibuat oleh LP merepresentasikan Wat Sam Ngan dan dibuat sesuai dengan cara kuno.

Sangat dikenal oleh colektor amulet, LP Yaem dari Wat Sam Ngan adalah Lp terbaik yg membuat GMT bucha dan amulet , setelah LP Tae dari Wat Sam ngan.